Kamis, 20 September 2012

Cara Menghapus Virus Shortcut dengan dan Tanpa Antivirus


C

Cara Menghapus Virus Shortcut dengan dan Tanpa Antivirus

Cara Hapus Manual
Langkah-langkah untuk mencegah atau paling tidak menguranginya adalah sebagai berikut ;
Matikan terlebih dahulu System Restore pada semua drive ( My Computer, Properties, System Restore, beri centang pada Turn off System Restore on All Drives

Matikan proses “wscript.exe” (Task manager. services, wscript.exe, klik kanan pada wscript exe, end process/end process tree). Kalo wscript.exe tidak terdeteksi di Task Manager, lanjut ke langkah no. 3

Buka windows explorer, klik menu “Tool” lalu pilih “Folder Option”, selanjutnya pada tab “View” klik “Show hidden files and folders”, hilangkan tanda contreng pada “Hide extensions for known file types” dan hilangkan juga tanda contreng pada Hide protected operating system files. Klik OK.
Klik tombol “Search”, Klik All Files and Folders, Pada bagian All or part of the file name ketik : Autorun.inf, pada bagian Look in klik “My Computer”, lalu beri centang semua pada bagian More Advanced Options lalu hapus semua file yang telah ditemukan.

Setelah Proses pada No. 4 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom All or Part of the file name di isi dengan Dekstop.ini. Hapus juga file ini.

Catatan: File system yang asli adalah Desktop.ini sedangkan file virus Dekstop.ini. Penyamaran yang nyaris sempurna!

Setelah Proses pada No. 5 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom All or Part of the file name di isi dengan *.lnk >>>( LNK bukan ink ). Hapus juga file ini. tapi kamu harus hati-hati jangan sampai salah menghapus, Ciri dari shortcut folder yang dibuat oleh virus yaitu ketika kita menunjuk folder tersebut maka akan muncul link dari shortcut tersebut yaitu ke arah windows/system32, itu adalah shortcut yang harus kita hapus

Tips Membasmi Virus Sality secara Manual


Untuk membasminya secara otomatis, anda bisa mengupdate antivirus yang anda gunakan dan malekukan scanning dan repair secara menyeluruh. Namun jika antivirus anda tidak mengatasi serangan virus sality ini, maka anda bisa membasminya secara manual. Bagaimana untuk membasmi virus W32Sality.AE atau yang lebih sering dikenal dengan nama virus sality ini secara manual dari komputer anda? berikut ini saya berikan tips dan cara membasmi virus tersebut tanpa ampun dan jaminan 99% berhasil happy
1. Putuskan komputer anda dari jaringan manapun, baik itu LAN maupun internet.
2. Matikan fitur system restore anda selama proses pembersihan virus sality
3. Download Sality Repair disini
4. Extract file SalityRepair dan klik kanan file repair.inf kemudian klik kanan dan klik Install
5. Matikan semua aplikasi yang aktif dan sedang anda buka
6. Download Norman Malware Cleaner disini atau download secara langsung disini
7. Ubah ekstensi Norman Malware Cleaner dari .exe menjadi .cmd agar aplikasi Norman Malware Cleaner tersebut tidak diinfeksi oleh virus sality
8. Lakukan scanning menggunakan Norman Malware Cleaner.cmd (ekstensi .exe sudah anda rubah menjadi .cmd)
9. Restart komputer anda setelah proses cleaning selesai
10. Download FixReg disini
11. extrack FixReg.rar dan jalankan registri yang ada di folder FixReg
sesuai dengan windows yang anda gunakan.
12. Restart komputer anda.
13. Periksa task managerm regedit dsb untuk memastikan komputer anda sudah sembuh. Anda juga bisa melakukan scanning pada safe mode untuk memastikan komputer anda sudah benar – benar bersih dari virus sality.
Sebenarnya sudah hampir semua antivirus sudah bisa mendeteksi dan membasmi virus sality ini. Anda bisa mengupdate antivirus anda dan lakukan scanning serta repair menggunakan antivirus yang anda gunakan. Jika antivirus anda ternyata tidak mampu membasminya, maka tips membasmi virus sality secara manual diatas bisa menjadi solusi ampuh terbebas dari serangan W32Sality.AE





Cara Memunculkan kembali task manager yang di hide virus.

macam virus yang berkembang dan sering menyerang PC kita salah satunya adalah virus dengan akibat hilangnya Run, Folder Options dan Task Manager. Virus macam ini memang banyak dijumpai dan banyak pula diantara kita yang tidak tahu cara mengatasinya. Jika anda menemui Virus yang menghilangkan Run, Folder Options, bahkan menonaktifkan menu Task Manager. Tak perlu repot disini saya akan coba berbagi ilmu dengan anda mengenai cara mengatasi virus tersebut.
Langka awalnya adalah:

1. Buka Menu Explorer
2. Masuk ke drive system, misalnya System anda pada drive C
3. Klick Windows – system32
4. Cari nama Gpedit atau Gpedit.exe
5. Jalankan file tersebut data kemudian Klick User Configuration
6. Pilih Administrative Templates
7. Lalu pilih Start Menu And Taskbar
8. Cari Tulisan Remove Run Menu From Start Menu
9. Klick kanan lalu Properties dan pilih Disabled
10. Kemudian Ok dan Refresh komputer anda


Lihat apakah Run anda sudah kembali seperti semula jika sudah jangan tutup Gpedit tadi karena saya akan memberi tau bagaimana memunculkan Task Manager.

Langkah – langkah:

1. Sama seperti cara diatas, masuk ke User Configuration
2. Pilih Administrative Templates
3. Klick System
4. Klick Ctrl+Alt+Del Options
5. Klick kanan lalu Properties dan pilih disabled untuk mengaktifkan dan enabled untuk menghilangkan Task Manager
6. Klick Ok dan refresh komputer anda

Kemudian lihat apa Task Magernya sudah mucul, kemudian langkah yang harus anda lakukan jika ingin Folder Optionsnya muncul adalah

1. Masuk ke User Configuration dari menu gpedit.msc
2. Pilih Administrative Templates
3. Kemudian Masuk kemenu Windows Components
4. Pilih Windows Explorer
5. Cari Removes The Folder Options Menu Item From The Tools menu
6. Klick kanan lalu Properties dan pilih disabled
7. Klick Ok dan refresh komputer anda





4 cara menghapus virus yang tidak terdeteksi antivirus

Bagi netter yang komputernya suka terkena virus, mungkin panduan berikut di bawah ini bisa berguna. Secara teori cara ini bisa membunuh 90% yang beredar, hanya virus macro (word, excel) dan virus yang merusak file (extension EXE) yang susah dibersihkan dengan cara ini, walau bisa dicegah penularannya.

Membasmi Virus Dengan Command Windows


Bila netter merasakan komputer terkena virus, trojan dan spyware (dalam hal ini kita kategorikan semuanya sebagai virus aja), yang biasanya dengan indikasi ada tampilan yang tidak biasanya pada desktop, program yang digunakan dan browser. Sebaiknya langsung menempuh langkah berikut ini:

1. Tahap Pertama, Matikan Virus di Memori


Tekan Ctrl + Alt + Del untuk menampilan Windows Task Manager - Lalu ke bagian "Processes", terus klik bagian "User Name" untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat ada bagian yang mencurigakan atau tidak. Bila banyak yang di-loading pada memori, sebaiknya dimatikan dahulu startup yang otomatis ter-loading pada bagian bawah kanan (ikon speaker dan jam). Matikan semua ikon-ikon tersebut dengan cara "quit" atau "exit" dari programnya.

Loading virus ke memori biasanya berupa EXE file. Langkah ini untuk mencegah virus untuk menyebar terlebih dahulu lewat memori kita. Matikan semua file EXE yang loading di memori kita yang sudah kita urutkan sebelumnya berdasarkan "User Name". Jangan mematikan file yang kategori "System", "Local Service", dan "Network Service", karena bisa membuat sistem kita Hang atau Freeze.

2. Tahap Kedua, Non-aktifkan Virus di Startup
Untuk menon-aktifkan virus supaya tidak terloading ke memori, kita harus membuangnya di startup. Caranya kita bisa menggunakan perintah MSCONFIG, klik menu Start>Run>msconfig - setelah itu akan tampil "System Configuration Utility". Lalu pilihlah "Startup", dalam kasus ini sebaiknya netter yang tidak mengerti mana yang loading virus mana yang bukan, sebaiknya pilih "Disable All". Nantinya netter baru aktifkan kembali startup yang diinginkan kalau virus sudah bersih.

Bila netter yang mengerti file yang loading mana file yang diperlukan, dan mana yang tidak, atau mana yang virus atau bukan, sebaiknya menbuang centang (check box) pada kotak bagian kiri untuk yang dicurigai sebagai virus. Cara ini akan menonaktifkan virus di startup kita.

3. Tahap Ketiga, Hapus File Virus dari Komputer
Carilah dengan menggunakan fasilitas "search" pada WIndows, klik menu Start>Search, lalu carilah file EXE virus (contoh: Happy.exe) yang sebelumnya loading di memori atau startup. File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari WIndows. Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.

4. Tahap Keempat, Hapus Virus dari System Registry

Tahap ini adalah tahap terakhir. Kita harus menggunakan perintah REGEDIT untuk mengubah dan men-delete virus dari registry kita. Pilihlah Start>Run>regedit - lalu ke menu "Edit" pilihlah "Find" (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin kita hapus (contoh: Happy.exe), lalu pilih "Find Next". Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut (berikut dengan foldernya kalau ada).

Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol "F3" atau di menu pilih "Edit" terus "Find Next". Biasanya file virus diletakkan pada beberapa tempat di registry. Jadi pastikan netter menghapus semuanya sampai bersih, dalam arti registry komputer bebas dari loading virus tersebut. Karena kalau tidak pekerjaan ini akan sia-sia.

Membasmi Virus Dengan Bantuan Program Lain

Ada beberapa tools yang sangat berguna bagi netter untuk mempermudah pembasmian virus, antara lain:

CProcess - Tools ini fungsinya seperti "Windows Task Manager" (Ctrl + Alt +Del). Tools ini sangat bagus sekali untuk mengenali mana yang virus atau bukan karena mengandung informasi detil mengenai file yang terloading di memori. Seperti contoh file yang benar (bukan virus) selalu tertulis nama perusahaan pembuatnya (contoh: Windows buatan Microsoft Corp).

Hijack This - Tools yang sangat bagus sekali sebagai pengganti command MSCONFIG. Sering kali virus mematikan hak akses kita terhadap MSCONFIG supaya kita tidak bisa menghapus file virus yang ter-loading ketika Startup. Nah program ini berfungsi untuk menggantikan MSCONFIG yang tidak bisa aktif. Selain itu program ini bisa mendeteksi lebih mendetil seperti spyware yang inject di dalam browser kita (BHO), dan bisa menonaktifkannya..

CCleaner - Tools yang satu ini selain berguna untuk menggantikan command REGEDIT, juga bisa membersihkan virus di registry secara otomatis. Selain itu CCleaner juga bisa mempercepat akses Windows kamu dengan membersihkan semua sampah-sampah di dalam registry kamu.

PCMAV - Program antivirus buatan PC Media ini terbukti sangat ampuh untuk menghapus virus-virus Indo yang kadang-kadang suka rese.

AVG 8 Free Edition - Program antivirus gratis yang sangat powerful untuk mengatasi virus dari luar negeri.

Software ini Process Explorer... sama seperti CProcess. Tiap proses diberi warna tertentu supaya mudah dalam mendeteksi dan membedakan antar proses. Tidak perlu diinstall, bisa langsung jalan.



















Cara membersihkan Virus RAMNIT , mudah dan tuntas…

Memang Virus Ramnit adalah Virus yang sangat cepat penularannya , tetapi bagaimanapun hebatnya sesuatu pasti ada kelemahannya…. :)
Disini saya akan menjelaskan dengan tuntas bagaimana Virus ramnit bekerja… sekaligus cara mengatasinya…
Virus Ramnit.. :
Virus yang menginjeksi file .html , .exe dan .dll
Virus yang menular melalui removable disk ( UFD ) dengan cara mengcopy file .cpl dan .exe yang selalu bertambah dan berubah-ubah namanya.Yang tepatnya file tersebut berada di dalam folder Recycler… dan 4 file shortcut copy of yang akan menjalankan file *.cpl infektor yang terdapat di folder recycler UFD.
Bila Virus tersebut telah meng-infeksi system komputer , virus tersebut akan membuat dan menjalankan file svchost.exe yang akan melakukan berbagai hal: a. membuat file bernama : watermark.exe yang bertempat di folder : C:\programfiles\mikrosoft\watermark.exe. b. merubah  registry userinit.exe mejadi menjalankan : watermark.exe , sehingga virus tersebut menguasai sistem secara permanen , dengan cara menginfeksi file berekstensi .exe , . dll dan .html
Jika di properties , UFD akan terlihat banyak terpakai oleh file .cpl dan .exe di folder recycler.
Efeknya:
Virus ramnit akan membuat file program tidak berjalan dengan normal , misalnya: mozilla firefox , winamp dll
kita tidak bisa menghapus file watermark.exe yang ada difolder c:\programfiles\microsoft\watermark.exe , dikarenakan file tersebut dikunci oleh file svchost.exe-nya virus ramnit.
bila kita hapus file / folder yang ada didalam folder recycler UFD , file .cpl dan .exe akan muncul kembali.. dan terus menulis kembali…
untuk system yangtelah terinfeksi file tertentu.. misalnya : explorer.exe akan digantikan explorermgr.exe
bila kita membersihkan virus ini tidak tuntas ( ada yang belum dibersihkan ) , Virus ini akan kembali bila kita menjalankan  aplikasi ( misalnya : klik kanan ).
Cara membersihkannya:
Siapkan cleaner Anti Virus ( saya menggunakan NOD32 stand alone ) dengan cara >download disini< dan simpan dalam bentuk file zip / RAR agar file exe tersebut tidak terinfeksi virus.
Simpan file tersebut di UFD atau copy paste di harddisk komputer yang telah terinfeksi.
Gunakan task manager , pilih task / tab processes dan end task semua file svchost.exe dan juga semua yang bisa di end task ( kecuali : task managernya )
Open file cleaner NOD32 yang sudah berbentuk zip /RAR , dengan menggunakan file open di task manager.Rubah pilihan program di open file menjadi allfiles agar file zip / rar dari NOD32 bisa terlihat.
setelah teropen NOD32 dengan winrar atau aplikasi lainnya.. silakan dobel klik file nod*.exe setelah next…next dipilihan action , sebelah kiri pilih Clean dan sebelah kanan pilih delete.Lalu jalankan Scan & clean
setelah berjalan close / tutup winrar / aplikasi yang dibuat membuka NOD32 zip / RAR.
Silakan diawasi dengan task manager bila ada file svchost.exe keluar / tampil di processes segera di end task… dan seperti biasa bila ada tampilan windows yang memperingatkan bahwa komputer akan shutdown dalam waktu 60 detik / 1 menit…. silakan ketik di menu file open /run : shutdown -a    yang artinya -a adalah perintah shutdown untuk membatalkan aksinya…
Peringatan!!!!!   , disaat NOD 32 membersihkan file di komputer anda , jangan sampai membuka / menjalankan file apapun… karena jangankan menjalankan file exe , kita klik kanan aja sudah berarti menjalankan virus / svchost.exe-nya Virus Ramnit.
Ingat… yang perlu kita jaga adalah : mematikan / end task file svchost.exe selama NOD32 membersihkan file di komputer kita…..
Antisipasi Virus RAmnit:
Untuk menjaga Virus sejenis ramnit agar tidak kembali meng-infeksi komputer kita… disini saya sertakan berbagai trik… diantaranya:
Matikan autorun.inf windows bisa berbagai macam cara : dengan menggunakan gpedit.msc>>administrative template>>turn off auto play>>enable>>alldrive , atau menggunakan regedit silakan baca : agar virus tidak masuk melalui flash disk
Rubah beberapa ektensi file yang berpotensi digunakan oleh virus dengan assosiasi file ( misalnya: assoc .vbs=txtfile ) terutama untuk Virus ramnit adalah ekstensi .cpl
Hapus selalu folder recycler didalam UFD , bila tidak bisa ada kemungkinan komputer kita terinfeksi Virus…
Dan hapus dengan menggunakan mini windows Xp ( hiren BOOt CD ) atau system berbasis linux , folder recycler dan _restore yang ada di folder systeminformation
Install Anti virus dengan Update database terbaru… dan usahakan anti viru tersebut diupdate databasenya.. baik secara online ataupu offline.. :)

 

1 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Yang lagi nyari kerjaan, Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja ane ya EXPO Lowongan Kerja BUMN Terbaru

    BalasHapus