Senin, 17 September 2012

Peta pikiran


Peta pikiran adalah teknik pemanfaatan keseluruhan- otak dengan mengunakan citra visual dan prasarana garis lainya untuk membentuk kesan.

Membuat peta pikiran
Untuk membuat peta pikiran, gunakan pulpen berwarna dan mulaialah dari bagian tengah kertas anda. Kalau bisa,gunakan kertas scara melebar untuk mendapatkan lebih banyak tempat. Lalu ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Tulis gagasan utama ditengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran , persegi atau bentul lain. Misalnya, peta pikiran saya linngkupi oleh gambar bohlam.
  2. tambahkan sebuah cabanga yang keluar dari pusatnya untuk setiap point atau gagasan utama .gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap cabang.
  3. tulislah kata kunciatau fase pada tisp-tiap cabanga yang dikembangakan untuk detail. Kata-kata yang emnyampaikan inti sebuah gagasan dan memicu ingatan anda. Jika anda mengunakan singkatan, pastikan bahwa anda mengena sengkatan-singkatan tersebut sehingga anda  dengan mudah mengigat artinya selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelahnya.
  4. tahbahkan symbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi un tuk mendapatkan ingatan yang lebih baik,.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuat catatan peta pikiran anda lebih mudah diingat.
·        Tulislah atau ketiklah secara rapi dengan menggunakan huruf-huruf KAPITAL
·        Tulislah gagasan-gagasan penting dengan mengunakan huruf-huruf yang lebih besar sehingga mereka langsung menonjol begitu anda membukakemmbali catatan anda.
·        Gambarkan peta pikiran anda dengan hal-hal yang berhubungan dengan anda.
·        Garis bawahi kata-kata itu.
·        Bersikaplah kreatif dan berani dengan desain anda karena otak kita kita lebih mudah mengeigat hal yang tidak biasa.
·        Gunakan bentuk-bentuk acak unt uk menunjukan hal-hal atau gagasan-gagasan tertantu.
·        Ciptakanlah peta pikiran anda secatra horizontal atau memperbesar ruang bagi pekerjaan anda.

Kiat-kiat untuk membuat peta pikiran
o       Ditengah kertas buatlah lingkaran dari gagasan  utamanaya
o       Tambahkan sebuah cabanga dari pusatnya untuk tiap-tiap point  kunci gunakan pulpen warna-warni
o       Tililah kata kunci/frase pada tiap-tiap cabang kembangkan untuk menambah detail-detail
o       Tambahkan symbol dan ilustrasi
o       Unakan huruf-huruf  KAPITAL
o       Tulislah gagasan-gagasan penting dengan huruf yang lebih besar
o       Hidupkanlah peta pikiran anda
o       Garisbawahi kata-kata itu dengan huruf tebal
o       Bersikap kretif dan berani
o       Gunakan bentuk-bentuk acak untuk menunjukan point-point atau gagasan.
o       Buatlah peta pikiran secara horizontal

Kiat-kiat tambahan
Catatan TS : TS adalah kependekan dari “catatan:tulis dan susun” cirri paling penting dari system ini adalah bahwa catatan ini memudahkan anada untuk mencatat pemikiran dan kesimpulan pribadi anda bersama-sama dengan bagian-bagian kunci pembicaraan atau materi bacaan.

Penulisan catatan adalah mendengarkan apa yang dibicarakan seorang  penbicara atau guru seraya menuliskan point-point utamanya. Catatan TS membuat anda mampu melakukan keduanya sekaligus mencatat informasi dan tetap mengikuti jalan pemikiran anda.

Catatan TSadlah cara menerapkan pikiran sadar ataupun pikiran bawah sadar anda  terhadap materi yang sama  dengan cara sadar. Kedua pikiran  kita bekerja  terlepas metode pencatatan apa yang kita gunakan. Catatan TS mengkoordinasikan kedua aktifitas men tal ini untuk mencapai hasil yang lebih efektif.

Mengunakan catatan : TS
Mulailah dengan secarik kertas(bergaris  atau tidak bergaris,sesuai pilihan anda) dan  gambarlah garis secara vertical, kira-kira sepertiga bagian dari kanan. Sisi ker tas itulah untuk menuliskan catatan; sisi kanan yang lebih kecil untuk menyusun catatan.

Disisi kiri tuliskan apa yang dikatakan oleh pembicara point-point penting,istilah, diagram dan bagan-bagan. Disisi kanan,catatan,pikiran,perasaan,reaksipertanyaan-pertanyaan dan perhatian anda berapapun yang muncul.

Marak Reardon direktur pelatihan Super Camp, memanfaatkan tehnik catatan: TS ketika ia mendengarkan ceramah Radolph raft tentang mendiang Buckminter Fuller. Dalam prestasi itu juga ditunjukan video tentang Fuller.Readon mengigat,”ketika mendengarkan beliau bicara, saya perhatikan bahwa pada mulanya ia tidak mengatakan apapun yang perlu saya catat atau ingat secara khusus. Beliau mengunakan waktu ini untuk membuat kami siap untuk hal-hal yang akan dibicarakanya nanti..

Yang terbaik adalah membuat symbol sendiri, namun disini ada beberapa ide untuk membantu anda memulainya :
! = masalah penting
Anak panah = hubungan dengan hal lain dihalaman itu
Wajah gembira = positif
Wajah sedih = negatife
3x =diulangi tiga kali pasti penting

ALAH BISA KARENA BIASA
KIAT-KIAT TAMBAHAN DALAM MEMBUAT CATATAN
*      Dengarkan secara aktif
*      Amati dengan cermat
*      Berpartisipasilah
*      Tinjauan awal
*      Membuat yang auditerial menjadi visual
*      Jadikan mengulang itu mudah
*      Besikap teguh dalam mencoba

Mendengarkan Secara Aktif
Tanyailah diri anda “apa yang dapat diharapkan penbicara untuk saya pelajari?mengapa?apa yang dibicarakanya|?apa hubunganya dengan masalah ini?pentingkah itu? Apakah itu merupakan sesuatu yang perlu saya ingat?” bertanya tentang masalah itu membuatnya lebih mudah untuk diseleksi dan memisahkan yang penting dari yang tidak penting. Jika anda mengunakan teknik catatan: TS ini memberikan kepada anda bantuan terus-menerus dari hal-hal yang akan ditulis disisi kanan.

Memperhatikan Secara Aktif
Perhatikanlah petunjuk-petunjuk yang dapat anda peroleh dari pembicara dari bahan bacaan anda. Petunjuk-petunjuk dalam bahasa berupa judul, kata-kata yang dicetak tebal, cetak miring gambar-gambar, garfik dan diagram. Lihatlah ringkasan-ringkasan bagian dan bab catatlah kesimpulan penulis atau pembicara.

PRTISIPASI
Jika anda tidak memahami sesuatu atau mempunyai pertanyaan tentang masalah itu, tanyakanlah. Sebagian orang merasa ragu khawatir tentang pemikiran orang lain. Penelitian menunjukan bahwa orang-orang mengakhiri suatu pertemuan pada umumnya mengangap pandai orang yang berpartisipasi. Apa yang terburuk yang dapat dipikirkan orang bahwa anda bersikap egois dalam mengiginkan untuk menambah pengetahuan.?

TUJUAN AWAL
Pelajarilah materinya materinya dan persiapkanlah informasi sebanyak mungkinsebelumnya. Mempunyai sedikit gambaran sebelumnya akan membuat anda mengenali poin t-point penting selama berlangsungya pidato atau ceramah.

Ketika anda mendengar beberpa potongan informasi , anda akan merasa lebih mudah untuk melihat bagaimana potongan-potongan ini memenuhi dengan tepat gambaran besra. Meninjau sebelumnya adalah salah satu cara yang paling efektif untuk keberhasilan dalam pembicaraan.

Saya tahu anda pasti berfikir,” siapa yang mempunyai waktu untuk mempelajari sebelumnya?” jawaban untuk pertanyaan itu adalah, ini sebenarnya hanya menghabiskan sedikit waktu. Kerapkali hanya beberapa menit untuk melihayt agenda atau melihat kembali catatan dari pertemuan sebelumnya. Yang diperlukan oleh pikiran anda hanyalah sedikit stimulasi.

MEMBUAT YANG AUDITORIAL MENJADI VISUAL
Ketika anda memasukan satu informasi,abadikanlah gambar dari informasi itu dengan menambahkan asosiasi visual seperti symbol-simbol visual,gambar,anak panah,dan lain-lain. Dengan cara ini, catatan anda, akan mengingatkan anda secara langsung pada materi yang anda  tahu sangat penting pada saat itu dan perlu diingat kembali kini.
MENJADIKAN PENGULANGAN ITU MUDAH
Ketika menulis/menyusun catatan,tulislah pada satu sisi kertas saja , gunakan lembaran-lembaran lepas, bukan kertas dalam satu buku. Anda dapat mementangkan kertas itu dihadapan anda atau mrngantungkanya didinding nantinya, ketika anda perlu melihatnya kembali.

AYO, COBALAH
Meluangkan waktu mencoba keterampilan-keterampilan pembuatan catatan ini. Terlepas apapun carabelajar anda, saya mendorong anda unuk mengunakan kedua teknik tersebut dalam berbagai situasi. Anda mempunyai kecenderungan terhadap salah satu diantara keduanya.

MANFAAT PETA PIKIRAN
Fleksibel. Jika pembicara tiba-tiba teringat untuk menjelaskan suatu hal, tentang pemikiran, anda dapat dengan mudah menambahkanya ditempat yangsesuai dengan peta pikirananda tanpa harus kebingungan.

Dapat memusatkan perhatian. Anda tidak perlu berfikir untuk menangkap setiap kata yang dibicarakan.

Meningkatkan pemahaman. Ketika membaca sutau tulisan atau laporan teknik , peta pikiran akan meniongkatkan pemahaman dan memberikan catatan tinjauan yang sangat berarti nantinya.

Menyenangkan. Imajinasi dan kreatifitas anada tidak terbatas.

Manfaat Peta Pikiran

*      Fleksibel
*      Memusatkan perhatian
*      Meningkatkan pemahaman
*      Menyenangkan

Mnafaat Catatan : TS

*      Lebih mudah mengigat suatu objek
*      Memus atkan perasaan (emosi) anda.
*      Merupakan impian yang konstruktif
*      Merekam penilaian-penilain anda

Symbol-simbol akan memicu gagasan-gagasan.

!           = Hal yang penting
*          = Hubungan-hubungan
J         = positif
L         : Negatif
3x        = Diulang tiga kali




MEMBACA DENGAN TEKNIK READING SPEED
Mengapa anda harus membaca bab ini?
*      Mengembangkan kecepatan membaca anda secara dramatis
*      Meningkatkan pemahaman dan daya ingat
*      Menambah perbendaharaan  kata dan menambah bank data anda
*      Menghabiskan sedikit waktu untuk membaca sehingga anda dapat mengerjakan hal-hal lain.

Bagi banyak orng membaca adalah sutau hal yang berat. Pernahkah anda sampai kebagian akhir sebuah halaman dan bertanya pada diri anda sendiri.

Orang harus  banyak membaca  berjilid-jilid buku untuk menhindarakan diri dari ketakutan tentang buku-buku dirumah, dikantor dan disekolah. Pikirkan tentang bhan bacaan lain yang merupakan bagian dari hidup anda. Sangat sedikit orang, misalnya,membaca semua isi Koran setiap pagi. Alih-alih membaca secara keseluruhan Koran untuk membaca judul-judulnya ,sub-sub judul, foto-foto iklan, cerita lucu dn segalanya yang menonjol.

Bab ini akan mengajarkan kepada anda cara membaca,bukan sebagai tugas yang berat. Karena kebnyakan dari kita merasa lebih berhasil jika mengetahui sejauh mana kemajuanya yang telah kita capai, maka kita akan memulainya dengan suatu tes yang mengukur secepat apa(atau selambat apa) anda membaca sekarang.

Sifat air : biasa tetapi unik
Air adalah suatu zat yang sangat umum dimuka bumi. Air mencapai lebih dari 70% planet kita , dan kadarnya bisa lebih besar atau lebih kecil di dalam tanah,udara dan organisme lain yang ada dimana-mana.

Jelas,kadar air yang ada, tertentu dan selalu konstan setiap waktu dimasa yang lalu, dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang. Air adalah suatu zat yang luar biasa dan mempunyai sifat yang sangat unik dalam berbagai krakteristik yang penting . misalnya saja air adalah satu-satunya zat yang dikenal dalam tiga keadaan dimana tiga meteri dapat terjadi : cair,padat dan gas. Kndungan besar dari embun bumi berbentuk air.

Menghancurkan Mitos
Ingat ketika anda  belajar membaca disekolah dasar dulu?mula-mula anda mempelajari hurufnya, lalu anda mulai menghubungkan huruf-huruf tersebut menjadi kata-kata. Anda membaca satu demi satu kata pada saat itu. Ketika anda kelas dua, anda sudah bisa memahami keselurhan kalimat tanpa mengeja huruf-hurufnya, namun. Sebagian diantara kita tak pernah mengalami kemajuan lagi setelah tahap ini. Dan langkah pertama adalah menyingkirkan mitos-mitos yang anda yakini dalam membaca.
·        Membaca itu sulit
·        Anda tidak boleh menggunakan jari ketika membaca
·        Membaca harus dilakukan dengan mengeja kata per kata
·        Anda harus membaca perlahan-lahan supaya dapat memahami isinya.

Jika anda mempercayai salah satu mitos ini, singkirkanlah mereka sekarang jua! Gantilah semua itu dengan penjelasan dibawah ini,dan anda telah memasuki jalan untuk menjadi pembaca yang lebih baik.

Membaca itu mudah
Walaupun belajar membaca merupakan proses yang kompleks, itu merupakan salah satu hal yang dapat dicapai oleh otak manusia. Sebagian besar kita belajar membaca pada usia enam atau tujuh tahun , dan dengan perkembanga  kemapuan mental di usia dewasa, kita bahkan mampu mengatasi tantangan-tantangan yang lebih besar.

Boleh saja membaca dengan jari anda
Walaupun anda telah diajarkan untuk tidak mem baca dengan mengunakan jari (mungkin karena anda mengunakannya untuk menunjuk sat u demi satu kata, yang bisa melambatkan anda membaca).

Anda dapat membaca lebih cepat dari pada mengeja kata per kata
Sebenarnaya membaca kata perkatamengurangi pemahaman karena kata-kata tidak dipahami dalam konteksnya dengan yang lain,dan pikiran anda  harus bekerja lebih keras untuk memahami seluruh gagasan.

Anda dapat membaca cepat dan tepat memahami
Membaca dengan berlahan dapat menjadi siksaan yang sesunguhnya bagi otak yang sangat berkembang pesat , dan cepat  bereaksi seperti halnya otak manusia. Alasanya adalah, anda  membaca secara lambat karena anda harus mengatur agar dapat memahami apa yang aanda baca, mungkin  karena anda, mungkin  karena ada  terlalu lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar