Rabu, 30 Oktober 2013

Sejarah Pergerakan Nasional



G. Awal Lahirnya Pergerakan Nasional
Memasuki abat ke20 bangsa Indonesia memulai suatu fase  baru dalam perjuangan untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan belanda.Dalam masa baru itu, pimpin-pemimpin rakyat memilih strategi perjuangan melawan penjajah yang berbeda dengan yang di lakukan nenek moyang yang  melakukan perlawanan bersenjata.Perjuangan yang di lakukan  pada  abat  ke 20 tersebut adalah perjuangan politik dengan  organisasi modern yang kemudian dikenal dengan zaman pergerakan nasional.Lahirnya strategi perjuangan pergerakan nasional ini tidak terlepas dari kondisi yan muncul  akibat politik etis yang di cetuskan oleh van Deventer. Lahirnya pergerakan nasional Indonesia disebabkan oleh beberapa factor yang saling berhubungan. Adapun factor-faktor dari negeri maupun luar negeri antara lain :
1.      Factor Luar Negeri
Faktor dari luar negeri berasal dari perkembangan nasionalisme di beberapa Negara Asia maupun Eropa yaitu,
a.Modernisasi Jepang
    Pada pertengahan abat ke 19 ,jepang melancarkan modernisasi dengan cara mengadaptasi peradaban barat dan menggunakannya sebagai senjata menghadapi pemerintah colonial barat.
b. Pergerakan nasional di India
Kaum nasionalis India memperjuangkan swaraj(pemerintah sendiri) untuk lepas dari inggris, sehinnngga Mahatma Gandhi mencanangkan perjuangannya berdasarkan Ahimsa, Hartal, Satyagraha,dan Swadesi.
c. Gerakan Nasionalis di Filipina
Gerakan ini membawa kebangkitan pemuda Filipina untuk mengusir   Spanyol.
d. Gerakan Nasional di Cina
Gerakan yang di lakukan Sun Yat Sen dapat menumbangkan kekuasaan Dinasti Manchu yang telah terpengaruh bangsa barat di Cina
e. Gerakan pembaharuan Islam
Banyak tokoh-tokoh pembaharu islam yang mempengaruhi pemikiran orang Indonesia untuk  berjuang membebaskan diri dari penjajahan barat dengan senjata dasar ajaran agama.
f. Gerakan nasionalis di Amerika
Gerakan nasionalis ini membawa pengaruh  terhadap hak menetukan nasib sendiri sesuai yang dianjurkan presiden Amerika Wilson.
2.      Faktor Dalam Negeri
Factor dari dalam  negeri yang dapat mempengaruhi lahirnya pergerakan nasional Indonesia,antara lain sebagai berikut:
a.       Adanya politik  etis;
b.      Penderitaan dan kesengsaraan rakyat
c.       Munculnya  kaum terpelajar
d.      Kenangan kejayaan masa  lampau
Pergerakan nasional merupakan salah  satu bentuk perlawanan terhadap kaum penjajah yang dilaksanakan dengan tidak mengggunakan kekuatan  bersenjata,tetapi menggunakan organisasi yangbergerak  di bidang social,budaya,ekonomi,dan politik.

Ciri-ciri organisasi pergerakan nasional ,antara lain sebagai  berikut:
1.      Keanggotaanya tidak berdasarkan suku tertentu.
2.      Sebagai besar pemimpin organisasi pergerakan nasional itu berasal dari kalangan terdidik yang memperoleh pendidikan barat.
3.      Organisasi-organisasi tersebut mempunyai tujuan yang jelas bagi  kepentingan seluruh bangsa di  bidang pendidikan,sosoal,ekonomi,budaya,dan politik.
4.      Organisasi-organisasi tersebut memiliki paham kebangsaan atau nasionalisme.
H. Awal Munculnya Kesadaran
Kesadaran nasional adalah salah satu sikab yang di miliki suatu bangsa berkaitan dengan tanggung jawab hak dan kwajiban.
a.       Ciri-ciri tahap awal proses modernisasi
Tumbuhnya organisasi modern,golongan terpelajar,kesadaran bangsa dan berorientasi pada organisasi modern
 Belanda mendirikan sekolah di Indonesia untuk memenuhi  tenaga rendah dan  menengah yang di perlkan oleh Belanda
Politik  etis yang dilakssanakan oleh  Belanda  pada permulaan Abat ke-20 tidak di maksut untuk meningkatkan kemakmuran rakyat.Proses pembaratan ini merupakan proses usaha untuk  menghuasai penduduk bumi putra dan sebagai aspek kehidupan.sesuai dengan  perkembangan  ekonomi,pemerintah kolonial  telah  mendirikan sekolah –sekolah.Kedua abat ke-20 dibuka sekolah tingkat menengah dengan tingkat tinggi pada tahun 1920.
Sekolah-sekolah pada zaman colonial Belanda di bedakan menjadi delapan
1.Sekolah Eropa
2.Sekolah lanjutan (HBS)
3.Sekolah Bumi Putra
4.Sekolah Desa
5. Sekolah Lanjutan Sekolah Desa
6.Sekolah peralihan dari sekolah Desa tiga tahun  sekolah berbahasa Belanda
7.Sekolah lanjutan pertama MULO setingkat SMP
8. Slovia di sebut juga sekolah dokter jawa,dari MULO,  lama pendidikan tuju tahun.Kedudukan sekolah tentu sangat strategis dan system kesempatan belajar  masih langka.
Penerimaan murit baru berdasarkan tolok ukur antara lain :
1.status pegawai negeri
2. orang tua
3.golongan gaji tertentu.

 

1 komentar:

  1. How to use virtual slot machines in Vegas: 10 tips - Mapyro
    The 아산 출장마사지 only drawback to using 충청북도 출장마사지 virtual 거제 출장샵 slot machines 여수 출장마사지 is the lack of time in order to make the most of your time. With 구미 출장안마 this, your only

    BalasHapus